Puncak Festival Literasi KYM Berlangsung di MAN 2 Kulon Progo

Kulon Progo (MAN 2 KP) – MAN 2 Kulon Progo menjadi saksi kemeriahan Puncak Acara Festival Literasi Kabupaten Kulon Progo Tahun 2024 dilanjutkan dengan launching Buku (Pesona Pena Kulon Progo dan Jejak-Jejak Perubahan Negeri) dan Workshop Menulis di Media yang berlangsung pada Senin, (20/05/2024). Acara ini diselenggarakan di Aula Gedung Pusat Pembelajaran Terpadu Kampus Pusat MAN 2 Kulon Progo, Jalan Pahlawan Panjatan-Wates Km. 2, dan diikuti oleh sekitar 250 peserta anggota Komunitas Yuk Menulis (KYM) Kulon Progo.

Acara ini dihadiri oleh berbagai tokoh penting, antara lain Kepala Dinas Pendidikan Kulon Progo, yang mewakili Pj Bupati Kulon Progo, Kepala Kantor Kemenag Agama setempat, Pranata Humas Kankemenag Kulon Progo, Founder KYM, Duta Literasi KYM Kulon Progo, Kepala MAN 2 Kulon Progo, dan Dimas Diajeng Kulon Progo.

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kulon Progo, Nur Wahyudi, MM, menyampaikan sambutan atas nama Pj Bupati Kulon Progo. Ia menyampaikan terima kasih dan dukungan penuh atas penyelenggaraan Festival Literasi yang digagas oleh Komunitas Yuk Menulis (KYM). Ia pun mengutip data dari UNESCO dan lembaga dunia lainnya yang menunjukkan bahwa tingkat literasi di Indonesia masih tergolong rendah.

“Melalui penyelenggaraan acara ini, diharapkan dapat membantu meningkatkan minat baca dan budaya literasi di kalangan pemuda di Kulon Progo,” tutur Nur Wahyudi.

Saat mewakili Kepala Kantor Kemenag Kulon Progo, Dian Purnama Jati, SE, MM, perwakilan Kehumasan, menambahkan bahwa penyelenggaraan festival ini bertepatan dengan peringatan Hari Kebangkitan Nasional, menjadikannya momentum penting dan komitmen bersama dalam memajukan peningkatan literasi bagi warga masyarakat di Kabupaten Kulon Progo.

“Kabupaten Kulon Progo merupakan kawasan yang kaya akan budaya, tradisi, dan potensi-potensi yang luar biasa. Namun, di tengah kemajuan teknologi dan dinamika global, literasi menjadi landasan yang sangat penting bagi kemajuan masyarakat. Melalui kegiatan ini, kita tidak hanya membangun kemampuan membaca dan menulis, tetapi juga menciptakan ruang-ruang untuk refleksi, dialog, dan pertukaran ide yang akan membentuk masa depan yang lebih baik bagi Kabupaten Kulon Progo,” jelas Dian Purnama.

Menurutnya, “Literasi tidak hanya penting dalam dunia dan bidang pendidikan saja, akan tetapi juga di bidang agama, ekonomi, sosial dan budaya,” imbuhnya

Kepala MAN 2 Kulon Progo menyampaikan rasa terima kasih atas kesempatan menjadi tuan rumah acara puncak Festival Literasi. Acara ini kemudian dilanjutkan dengan pemberian piala kepada para juara literasi dari berbagai tingkatan, mulai dari SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK/MA, dan guru.

Pada kesempatan tersebut,Ketua penyelenggara Nur Hidayati, S.Pd, SI, dan Duta Literasi Komunitas Yuk Menulis Kulon Progo, menyampaikan harapannya agar festival ini dapat menjadi pemantik semangat literasi bagi masyarakat Kulon Progo.

Selain pemberian piala, acara ini juga diisi dengan Workshop Menulis di Media yang menghadirkan narasumber Drs.Sutanto,M.Pd yang merupakan penggiat literasi dan penulis buku. Workshop ini bertujuan untuk memberikan pelatihan dan pengetahuan kepada peserta tentang bagaimana menulis artikel yang baik dan sesuai dengan kaidah jurnalistik.

Festival Literasi Kabupaten Kulon Progo dan Jejak-Jejak Perubahan Negeri – Workshop Menulis di Media diharapkan dapat menjadi langkah awal yang positif dalam meningkatkan budaya literasi di Kulon Progo. Semangat literasi yang membara dari para peserta menjadi bukti bahwa masa depan literasi di Kulon Progo penuh dengan harapan. (sug/dpj)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *