Tingkatkan Edukasi Literasi Digital MTsN 6 Kulon Progo Nobar Talkshow

Kulon Progo (KemenagKP) – Seluruh siswa MTs Negeri 6 Kulon Progo kelas VIII mengikuti kegiatan Nonton Bareng (Nobar) yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika RI (Kemenkominfo RI) yang bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga Kabupaten Kulon Progo Jum’at, (17/05/2024).

Kegiatan ini berlangsung secara live streaming melalui platform youtube dan zoom meeting yang diikuti seluruh siswa SMP dan MTs se Kulon Progo yang berjumlah 60 sekolah. Dengan mengusung tema “Kreatif Di Dunia Digital Sejak Dini”. Seluruh Siswa Kelas VIII MTs Negeri 6 Kulon Progo mengikuti acara ini dengan hikmat dan tertib di Masjid Nurul Huda yang didampingi oleh Kepala Madrasah, H. Riza Faozi, S.Ag., M.S.I. beserta Guru dan Pegawai MTs Negeri 6 Kulon Progo.

Acara tersebut menghadirkan 3 Narasumber yaitu Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Dinas Dikpora) Kulon Progo, Nur Wahyudi yang menyampaikan pesan agar berhati hati dalam bermedia sosial,harus ada filter agar tidak merugikan orang lain. Narasumber yang kedua Dr. Adriana Grahani Firdaus, SH., MH., Dosen Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret. Beliau menyampaikan Empat Pilar Literasi Digital yaitu digital skill, digital culture, digital ethics dan digital safety yang artinya Cakap, Aman, Budaya dan Etis yg biasa disingkat dengan sebutan CABE.

Narasumber yang terakhir, Indri Astuti, S.Pd., guru di DIY sekaligus penulis dan kreator konten. Indri membenarkan bahwa media sosial tidak bisa lepas dari pelajar. “Mereka harus bisa mempertahankan ide kreatifitasnya agar bisa melahirkan inovasi yang berdampak positif”. Ungkap Indri.

Kepala MTs Negeri 6 Kulon Progo, H. Riza Faozi, S.Ag , M.S.I sangat mendukung kegiatan ini. “Literasi Digital tidak hanya meningkatkan siswa untuk menavigasi dan mengevaluasi informasi online secara efektif tetapi juga mempersiapkan mereka untuk kesuksesan akademis dan karir di masa depan. Di era digital saat ini, sangat penting bagi siswa MTs untuk memiliki keterampilan literasi digital yang kuat,” papar Riza.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *