Siswa MIM Kenteng Belajar Daur Ulang dan Pengelompokan Sampah

Kulon Progo (MIM Kenteng) – Pengolahan daur ulang kertas menyimpan banyak keuntungan. Pada kesempatan ini siswa-siswi MIM Kenteng diajak oleh KKN PPL UGM untuk belajar mengolah sampah. Agenda dilaksanakan pada Selasa (23/7/2024) di bawah pohon literasi madrasah.

Kepala Madrasah, Rujito, S.Pd.I. M.Pd. mendukung penuh kegiatan pengolahan sampah kertas di madrasah oleh mahasiswa KKN. “Pengolahan sampah kertas dengan cara daur ulang ini termasuk kegiatan yang baru. Kami mendukung penuh program kerja mahasiswa. Semoga bisa bermanfaat dan siswa-siswi serta bisa melanjutkan di rumahnya masing-masing,” jelas Kamad.

Guru MIM Kenteng, Rizco Ardian Saputro, M.Pd. menyampaikan kegiatan pengolahan sampah dengan daur ulang yang diikuti oleh siswa madrasah. “Daur ulang sampah kertas ini dilaksanakan oleh Muhammad Huda Alima Salim dan  Michelle Liendy Kwee. Kegiatan untuk siswa kelas III dan IV. Proses daur ulang sampah dilakukan di bawah pohon literasi secara bersama-sama,” ujar Rizco.

Mahasiswa KKN UGM, Muhammad Huda Alima Salim menyampaikan proses daur ulang kertasnya. “Kertas bekas yang sudah tersedia direndam di dalam air dengan waktu tertentu. Kemudian kertas yang sudah hancur dicampur dengan bahan yang lain supaya agar ada degradasi hasilnya. Bubur kertas dimasukkan di dalam cetakan lalu dikeringkan,” jelas Alima.

“Siswa-siswi kelas III dan IV bisa mengikuti kegiatan dengan baik. Setiap penjelasan dan praktik yang disampaikan bisa ditangkap oleh siswa-siswi. Mereka juga kami ajak untuk belajar menaruh bubur kertas dalam cetakan lain supaya mendapatkan hasil yang bervariasi. Terima kasih MIM Kenteng sudah bersedia menjadi objek pelaksanaan proker kami dengan baik,” pungkas Alima. (ras/abi).

#KementerianSemuaAgama

#MakinDigitalMenjangkauUmat

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *