Tingkatkan Integritas, KUA Panjatan Bersamai Lebaran Yatim

Kulon Progo (KUA Panjatan) – Salah satu kewajiban seorang muslim yang beriman hendaklah saling berbagi diantara saudaranya, termasuk kepada para anak yatim. Hal tersebut disampaikan Kepala KUA Zamroni, S.Ag. MSI. saat hadiri dalam acara kegiatan  pemberian santunan anak yatim di Pendopo Kalurahan Panjatan, Jumat (09/08/2024).

Santunan tersebut diberikan oleh  Basnas Kulon Progo yang diperuntukkan bagi 50 yatim piatu se-Kapanewon Panjatan. Besaran yang diterimakan setiap anak menerima Rp. 500.000,-.

Susana, SIP Kasi Sosial Kapanewon Panjatan mengekspresi dan menyampaikan ucapan terima kasih kepada Basnas Kulon Progo dan berpesan kepada penerima santunan agar dana yang diberikan dapat dipergunakan sebagaimana mestinya seperti untuk membeli sembako ataupun peralatan sekolah.

Pada kesempatan tersebut Zamroni memberikan pembinaan pada acara Idul Yatama tersebut, agar para pengasuh anak yatim hendaklah memiliki Integritas yang tinggi, serta  berhati-hati dalam mengemban amanah mengasuh dan mentasarufkan, memanfaatkan dana santunan anak yatim agar tidak melanggar ketentuan syari’at seperti yang tercantum dalam Firman Alloh Surat Al-Maun ayat 1-7.  Ia juga menjelaskan  beberapa keutamaan menyantuni anak yatim. Orang-orang yang mau menyantuni anak yatim akan dihindarkan dari azab bencana dan akan mendapatkan pahala dari Alloh Swt. (HR. Thobroni).

Sedangkan orang yang dengan ikhlas mau memelihara anak yatim, akan dimasukkan ke dalam surga. Bagi orang yang menanggung anak yatim, kedudukanya di surga nanti seperti ini. Kemudian Rasulullah Saw mengisyaratkan seperti jari tengah dan jari telunjuk serta agak merenggangkan keduanya (HR. Muslim). Orang yang mengasihi anak yatim, Alloh akan memperbaiki kehidupannya baik di dunia maupun di akhirat (HR.Abu Daud dan Turmudzi).

Memberikan santunan anak yatim menurut Zamroni tidak hanya berupa uang semata, namun dapat pula bisa diwujudkan dalam bentuk sembako, perlengkapan sekolah, kebutuhan mandi dan mencuci, perlengkapan ibadah, beasiswa, pakaian dan mainan edukasi.

Sementara itu Ketua UPZ Kapanewon Panjatan, Syamsuddin menyampaikan laporan bahwa Basnas Kulon Progo pada tahun 2024 ini mengeluarkan dana sebesar Rp. 25.000.000,- yang diberikan untuk 600 anak yatim se-Kulon Progo. (zam/dpj)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *