MTsN 3 Kulon Progo Adakan Evaluasi Bacaan Shalat

Kulon Progo (MTsN3KP) – Shalat adalah amalan pertama yang nanti akan dihisab di yaumil akhir. Untuk mengetahui kemampuan siswa dalam bacaan shalat baik wajib maupun sunat maka perlu diadakan evaluasi untuk semua siswa. Hal tersebut disampaikan Kamad Munji Jakfar, S.Pd.I., M.Pd.I. pada rapat evaluasi BTAQ. Kamis (2/2/2023). Adapun evaluasi bacaan shalat dilaksanakan Jum’at-Sabtu (3-4/2/2023).

“Madrasah sebagai salah satu perwujudan pondok pesantren yang diformalkan mempunyai tanggung jawab lebih untuk menyiapkan semua siswa memiliki kemampuan agama yang standar. Salah satunya mampu melaksanakan shalat lima waktu dengan bacaan dan gerakan yang betul, mampu membaca Al Qur’an dan hafal,” ungkap Kamad.

Selanjutnya Kamad Munji Jakfar menjelaskan yang menjadi prioritas utama MTsN 3 Kulon Progo dalam program BTAQ adalah kefasihan dalam membaca Al Qur’an dan pelaksanaan shalat. Untuk itu pada Jum’at dan Sabtu sebelum jam pertama selama 40 menit semua siswa dievaluasi bacaan shalatnya. Mulai dari bacaan niat shalat (bagi yang menggunakan), iftitah (dua macam), fatihah, salah satu surat pendek, ruku’, itidal, sujud, duduk iftirasyi, tasyahud awal dan akhir. “Evaluasi ini akan dilaksanakan selama dua kali yaitu awal dan akhir semester. Harapannya bagi yang nilainya B dan C di akhir semester menjadi A dan B,” tambahnya.

Sementara itu koordinator BTAQ, H. Muhammad Masruri, S.Pd. menuturkan bahwa pada awal tahun 2023 ini sudah dilaksanakan program kegiatan baru sebagai hasil evaluasi pelaksanaan kegiatan pembimbingan Al Qur’an sebelumnya. “Mulai 9 Januari 2023 sudah dilaksanakan program pembimbingan Al Qur’an intensif setiap hari sebelum jam pertama selama 40 menit oleh semua guru dan tenaga kependidikan,” tutur Masruri. (rdh/end/abi).

Tetap sehat dan semangat

#No Korupsi

3 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *