Kepala Madrasah Paparkan Keistimewaan MAN 2 Kulon Progo di Apel Bendera

Kulon Progo (MAN2KP) –  Mengawali kegiatan pembelajaran Tahun Ajaran 2023/2024, MAN 2 Kulon Progo melaksanakan Apel Bendera yang dilaksanakan di Halaman Gedung Pusat Pembelajaran Kampus Pusat MAN 2 Kulon Progo di Jalan Pahlawan Panjatan-Wates, Senin (17/7/2023). Apel bendera diikuti oleh lebih dari 650 peserta didik kelas X, XI dan XII, seluruh pegawai dan guru. Kepala MAN 2 Kulon Progo bertindak sebagai pembina upacara dan peserta ekstra kurikuler pleton inti sebagai petugas apel.

Dalam amanatnya, Kepala MAN 2 Kulon Progo, Hartiningsih, M.Pd, mengucapkan selamat datang kepada peserta didik baru. Ia juga menyampaikan ungkapan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan kepada madrasah karena MAN 2 Kulon Progo sudah dipercaya menjadi tempat melanjutkan pendidikan setelah lulus dari SMP atau MTs.

Hartiningsih menyampaikan bahwa animo masyarakat untuk bergabung dengan MAN 2 Kulon Progo pada PPDB 2023 jauh melebihi animo masyarakat tahun lalu. Karenanya, MAN 2 Kulon Progo tidak bisa menerima semua pendaftar dan harus melakukan seleksi objektif yang ketat. “Selamat datang, dan selamat bergabung. Wujudkan cita-cita dan impian bersama MAN 2 Kulon Progo,” ucapnya.

Ia mengungkapkan bahwa MAN 2 Kulon Progo adalah sekolah seperti SMA Negeri, akan tetapi ada perbedaan yang menjadi ciri khas Madrasah Aliyah, yaitu jumlah jam pelajaran agama yang lebih banyak daripada SMA. Hal ini karena Madrasah Aliyah disamping menghasilkan peserta didik yang pandai dalam pengetahuan umum, juga menghasilkan siswa yang lebih agamis dan mempunyai akhlakul karimah atau budi pekerti yang luhur.

Lebih lanjut, Hartiningsih menyampaikan bahwa MAN 2 Kulon Progo adalah madrasah dengan banyak predikat seperti Madrasah Akademik dan Riset, Madrasah Aliyah plus Keterampilan, Madrasah Ramah Anak, Madrasah Adiwiyata, Madrasah Aman Bencana, Madrasah Zona Integritas – Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK), dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM).

Predikat Madrasah Akademik dan Riset menunjukkan bahwa MAN 2 Kulon Progo siap mengantarkan para peserta didik untuk melanjutkan di perguruan tinggi, dan membekali para peserta didik dengan kegiatan riset. Madrasah Keterampilan menunjukkan bahwa MAN 2 Kulon Progo memberikan bekal keterampilan bagi peserta didik yang mungkin kurang mampu tidak bisa melanjutkan pendidikan di PT. Para peserta didik dibekali dengan berbagai keterampilan untuk membekali diri untuk menghidup diri setelah lulus dari Madrasah.

Hartiningsih pun menyampaikan bahwa MAN 2 Kulon Progo memiliki 5 program yang bisa dipilih oleh para peserta didik. MANDAKU memiliki Gedung Workshop Keterampilan yang megah, dengan sarana prasarana yang memadai. Ada lima ruang workshop keterampilan yang dapat peserta didik pilih, yaitu ketrampilan Agribisnis dan pengolahan Hasil Pertanian (APHP), Tata Boga, Tata Busana, Teknologi Audio Visual (TAV), dan Desain Komunikasi Visual (DKV).

Pada akhir sambutannya, Hartiningsih menyatakan bahwa MAN 2 Kulon Progo siap membersamai peserta didik meraih cita-cita mereka. “Insyaallah, bersama MAN 2 Kulon Progo, Ananda setelah lulus nanti menjadi manusia yang “Siap Kuliah, Siap Bekerja, dan Siap Berwirausaha.”

Setelah Apel Bendera selesai, dilanjutkan dengan pengumuman dan pemberian reward kepada para peserta didik yang berprestasi pada Juni 2023 oleh Wakil Kepala bidang Kesiswaan. (sug/ast/dpj)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *