Gali Potensi Tahfidz Siswa, MTsN 3 Kulon Progo Adakan Wawancara Kemampuan BTAQ

Kulon Progo (MTsN3KP) – Program Tahfidz menjadi salah satu program unggulan madrasah. Guna mengetahui potensi tahfidz siswa baru MTsN 3 Kulon Progo mengadakan wawancara untuk mengamati kemampuan pengalaman ibadah serta Baca Tulis Al-Qur’an (BTAQ). Kegiatan ini diselenggarakan pada hari Rabu (17/07/2024), bertepatan dengan hari terakhir Masa Ta’aruf Siswa Madrasah (Matsama) sebelum penutupan.

Muhammad Masruri, S.Pd., selaku koordinator acara ini, memimpin wawancara ini dibantu oleh guru-guru yang bertanggung jawab dalam program BTAQI Madrasah. Isi wawancara mencakup beberapa aspek penting, antara lain: Ibadah salat lima waktu, ibadah orang tua, capaian mengaji Al-Qur’an, prestasi, dan kepemilikan hafalan Al-Qur’an.

Hasil wawancara menunjukkan bahwa mayoritas siswa dan lingkungan keluarga mereka memiliki kebiasaan beribadah yang baik. Banyak siswa telah menghafal setengah dari juz 30 atau juz Amma, sementara sebagian lainnya memiliki hafalan surat-surat pilihan seperti Al-Mulk, Yasin, dan Al-Rahman. Namun belum ada yang pernah memperoleh prestasi dalam bidang Al-Qur’an dan pengetahuan keagamaan.

Sigit Adi Pratomo, Lc. selaku penanggung jawab program tahfizh Madrasah berharap agar kegiatan ini dapat menggali potensi anak dalam bidang tahfizh dan keagamaan, serta memotivasi mereka untuk lebih giat dalam belajar membaca Al-Qur’an dan mengamalkan ajaran Islam. Ia juga menekankan pentingnya dukungan dari keluarga dan lingkungan dalam membangun karakter spiritual yang kuat di kalangan siswa.

“Pada kegiatan wawancara ini semoga dapat mengali potensi anak dalam bidang tahfizh dan keagamaan, serta memotivasi mereka untuk lebih giat dalam belajar membaca Al-Qur’an dan mengamalkan ajaran Islam. Maka dukungan dari lingkungan dan keluarga juga penting dalam membangun karakter spiritual yang kuat di kalangan siswa,” ujar Sigit.

Setelah kegiatan ini, diharapkan siswa ditempatkan pada pengelompokan belajar sesuai kemampuannya sehingga dapat meningkatkan keterampilan bacaan Al-Qur’an dan keagamaan mereka sekaligus memperkuat fondasi spiritual di usia remaja. Kegiatan ini menjadi salah satu langkah awal MTsN 3 Kulon Progo dalam mendukung pengembangan karakter dan nilai-nilai keagamaan di kalangan siswa. (sap/ami/don)

2 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *