Siswa RA IPHI Samigaluh Perkuat Karakter Ubah Kelas Jadi Pasar Siswa (Market Day)

Kulon Progo (RA IPHI) – Banyak strategi untuk mengasah bakat serta potensi siswa dalam menumbuhkembangkan semangat  berwirausaha serta menyiapkan  generasi kekinian siap menghadapi masa depan di era revolusi industri. Salah satunya penguatan literasi pasar online dan offline kepada siswa. Seperti yang dilakukan Peserta didik RA IPHI Samigaluh, Jum’at (10/2/2023). Suasana kelas mirip dengan pasar tradisional.

Kepala RA IPHI Samigaluh Bayu Trikrisnawati mengatakan bahwa anak-anak belajar dan bermain bersama dengan barang yang berupa makanan (snack) serta cara menggunakan uang. “Kegiatan ini merupakan pembelajaran kontekstual yakni implementasi pembelajaran kurikulum merdeka. Pada kegiatan ini anak-anak belajar sikap kerjasama dan kejujurannya dalam proses jual beli. Dengan kegiatan ini diharapkan anak mendapatkan pengalaman sebagai penjual, pembeli, dan cara menggunakan uang,” ungkapnya.

“Kegiatan ini bertujuan agar siswa lebih mudah menangkap, mengerti, dan memahami materi pelajaran yang disampaikan oleh guru. Selain itu, agar siswa memahami kondisi kehidupan ekonomi di pasar,” tambah Bayu.

“Dengan adanya kegiatan ini, siswa dapat lebih mengenal dan menentukan nilai pecahan uang serta menukar dengan yang setara,” pungkasnya.

Suasana sangat menyenangkan dan semua anak tersenyum, asyik serta ceria melaksanakan kegiatan ini. Salah satunya siswa, Riski mengungkapkan rasa senangnya. “Senang   bisa membeli makanan secara langsung,” ungkap Riski yang diiyakan oleh Nabil temannya. (krs/abi).

Tetap sehat dan semangat

#No Korupsi

1 reply

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *