MIN 2 Kulon Progo, Tingkatkan Nasionalisme Melalui Gotong Royong

Kulon Progo (MIN2KP) – Tanggal satu Juni merupakan hari bersejarah bagi bangsa Indonesia, karena pada tanggal tersebut merupakan Hari Lahir Pancasila. Sebagai wujud rasa nasionalisme bangsa, MIN 2 Kulon Progo melaksanakan upacara bendera yang diikuti oleh guru, pegawai, dan seluruh siswa di halaman madrasah setempat. Hal itu disampaikan Kepala Madrasah, Hartati, S.Pd.I., di sela-sela upacara bendera, Kamis (1/6/2023).

Dalam upacara tersebut, Hartati, S,Pd.I. menyampaikan dalam amanatnya, “Hari Lahir Pancasila sebuah tonggak dalam sejarah bangsa Indonesia. Salah satu kegiatan yang dapat menumbuhkan sikap kebersamaan dalam membangun bangsa yakni dengan gotong royong. Gotong royong merupakan hal untuk mengingatkan akan pentingnya semangat dalam membangun peradaban yang maju dan berkelanjutan serta berkontribusi pada pertumbuhan global. Di samping itu juga menjadi semangat yang melekat dalam diri bangsa Indonesia sejak dulu, memupuk rasa saling tolong menolong dan rasa kepedulian terhadap sesama,” papar Hartati.

“Gotong royong mengajarkan kita untuk bekerja sama dalam mencapai tujuan bersama tanpa memandang perbedaan sosial, agama, dan budaya. Dalam konteks membangun peradaban, gotong royong memegang peranan yang penting. Peradaban yang maju dan berkelanjutan membutuhkan partisipasi aktif dari setiap individu, serta sebagai landasan dasar melaksanakan pembangunan,” lanjut Hartati.

Guru kelas dua, Sri Handani Widiyaningrum, S.Ag. merasa senang upacara berjalan lancar. “Saya sangat senang upacara Hari Lahir Pancasila berjalan lancar. Siswa ikut dengan antusias, mereka datang dari pagi sebelum pukul 07.00. Alhamdulillah sebelum pukul 08.00 sudah selesai, siswa diperbolehkan pulang dan tidak ada kegiatan belajar mengajar di madrasah, karena bertepatan dengan hari libur. Semoga siswa dapat lebih memahami arti gotong royong sebagai salah satu cara untuk menumbuhkan sikap nasionalisme. Mereka bisa menerapkan gotong royong dalam kegiatan sehari-hari, baik di rumah maupun madrasah,” harap Sri Handani.(dan/abi).

Tetap sehat dan semangat

#No Korupsi

3 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *