Latih Kecakapan Manajemen Ekonomi Keluarga, KUA Wates Kembali Adakan Bimwin Mandiri

Kulon Progo (KUA Wates) – KUA Wates kembali adakan Bimbingan Perkawinan (Bimwin) Mandiri Non DIPA yang diikuti oleh 18 pasang calon pengantin, pada kamis (19/10/2023) yang bertempat di Balai Nikah KUA setempat. Kegiatan ini merupakan Bimwin angkatan ke-16 di tahun 2023.

Dalam kesempatan ini, Sofwati, S.Ag. selaku Penyuluh Agama sekaligus fasilitator Bimwin KUA Wates menyampaikan materi tentang Memenuhi Kebutuhan Keluarga. Menurutnya, hal-hal penting yang harus dilatih dalam mengelola keuangan keluarga adalah pertama, kemampuan menentukan prioritas, calon pengantin ketika berumah tangga diharapkan cakap dalam menetapkan kebutuhan prioritas baik untuk kebutuhan fisik maupun non fisik keluarga, juga mampu membedakan antara kebutuhan dan keinginan. Kedua, kemampuan dalam melakukan refleksi diri dan pasangan, yakni pasangan mampu mengidentifikasi dan mengenali sumber daya yang dimiliki diri dan pasangannya.  Ketiga, kemampuan musyawarah dalam pengambilan keputusan bersama, yakni dalam menyusun alternatif pilihan untuk mencari solusi dari kendala dalam pemenuhan kebutuhan keluarga,dan ke-empat kemampuan mengelola keuangan keluarga yakni dalam menyusun tujuan keuangan keluarga. “Jangan lupa untuk bershadaqah, karena dengan bershadaqah Allah akan menambah rizki kita”,ungkapnya.

Sedangkan Kepala KUA Wates Latif Fuad Nurul Huda S.Ag., MSI saat memberikan materi dalam tema Membangun Keluarga Sakinah kepada calon pengatin yang rata-rata berusia diatas 20 tahun. “Menurutnya, kebahagiaan manusia akan terwujud jika seluruh kebutuhan manusia baik fisik, emosional, maupun spiritual dapat terpenuhi dengan baik, lima pilar perkawinan hendaknya dimiliki oleh pasangan dalam berumah tangga, yakni zawwaj ( berpasangan ), janji kokoh ( mitsaqon gholidzon ), saling memperlakukan pasangan dengan baik (Mu’asyaroh bil ma’ruf), musyawarah dan saling ridho,” pungkasnya.

Dalam kesempatan yang sama, materi mengelola konflik dalam keluarga dan membangun ketahanan dalam rumah tangga disampaikan oleh M. Ro’if, S.Ag., penghulu KUA Wates dan menyiapkan generasi berkualitas serta menjaga kesehatan reproduksi disampaikan oleh Kasriyati, PLKB Kapanewon Wates.

Selama kegiatan berlangsung, semua peserta Bimwin Mandiri tampak antusias dan komunikatif dalam mengikuti kegiatan, baik dalam berdiskusi, presentasi, maupun berdialog. (sof/dpj)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *