Kepala Kankemenag Kulon Progo dan Kasubag TU Monitoring Pelaksanaan Uji Kompetensi Pejabat Pelaksana

Kulon Progo (Kankemenag KP) – Sebanyak 107 ASN Kankemenag Kulon Progo mengikuti Ujian Kompetensi Pejabat Pelaksana yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama RI. Kegiatan ini berlangsung di MAN 2 dan MAN 1 Kulon Progo yang menjadi tempat pelaksanaan Uji Kompetensi (UKOM) bagi Pejabat Pelaksana di lingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kulon Progo pada Rabu, (20/12/2023) pagi. Pelaksanaan kegiatan tersebut diadakan secara serentak di seluruh Indonesia.

Selanjutnya Uji Kompetensi yang dilaksanakan di MAN 2 Kulon Progo ini  terbagi  di 3 Ruang Komputer yang berada di Gedung Workshop Keterampilan Terpadu Unit 2 MAN 2 Kulon Progo di Jalan Pahlawan Panjatan diikuti oleh 61 peserta, sedangkan 46 peserta lainnya bertempat di MAN 1 Kulon Progo.

Saat memberikan sambutan pada acara pembukaan, Sekjen Kemenag RI, Prof. Dr. Nizar Ali, M.Ag mengungapkan bahwa salah satu fungsi pelaksanaan Uji Kompetensi bagi Pejabat Pelaksana adalah untuk mendapatkan gambaran tentang pegawai talenta sebagai pertimbangan penempatan jabatan, mutasi, rotasi bagi pegawai yang berkompeten.
Sebelumnya Kepala Biro Kepegawaian Kemenag RI, Dr. Nuruddin menyampaikan bahwa pelaksanaan Uji kompetensi Jabatan Pelaksana diikuti oleh 22.595 peserta yang berasal dari 108 Satuan Kerja pada Kementerian Agama, dengan menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT).

Ia juga mengungkapkan bahwa tujuan pelaksanaan Uji Kompetensi Jabatan Pelaksana adalah untuk mengetahui dan menguatkan kompetensi, dan profesionalitas pegawai Kementerian Agama. “Uji kompetensi ini juga untuk mendapatkan bank data tentang kompetensi para pegawai, yang berguna untuk menempatan pegawai pada jabatan,” terangnya.

Pelaksanaan Uji Kompetensi Pejabat Pelaksana di titik lokasi, mendapat perhatian dan dimonitor langsung oleh Kepala Kantor Kemenag Kulon Progo, H.Muhamad Wahib Jamil, S.Ag, M.Pd, dan Kasubag TU, H.Saeful Hadi, S.Ag.,M.Pd.I.
Setelah mengunjungi ruang laboratorium yang dipakai untuk uji kompetensi, Saeful Hadi menyampaikan bahwa tujuan pelaksanaan uji kompetensi ini adalah untuk mengukur pegawai pelaksana sehingga ketika ada mutasi, rotasi, dan promosi pegawai, Kemenag mempunyai data berkaitan dengan kompetensi pegawai.

Ia menegaskan bahwa semua pegawai harus meningkatkan kompetensi atau kemampuan di bidangnya untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat, salah satunya adalah dengan uji kompetensi.

Saeful Hadi sebagai ketua pelaksanaan kegiatan Uji Kompetensi ini menyampaikana bahwa sarana dan prasarana, terutama perangkat komputer yang memadai dan jaringan internet kuat harus disiapkan dengan matang karena Uji Kompetensi bagi Pejabat Pelaksana menggunakan Computer Assisted Test (CAT). Hal tersebut menjadi salah satu alasan MAN 2 Kulon Progo menjadi salah satu titik lokas (TILOK) UKOM di wilayah Kulon Progo. Ia mengucapkan terima kasih khususnya kepada MAN 2 dan MAN 1 Kulon Progo yang telah menyukseskan berbagai kegiatan dinas Kantor Kemenag Kulon Progo.

Kepala MAN 2 Kulon Progo menyampaikan ucapan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan kepada MAN 2 Kulon Progo sebagai tempat pelaksanaan Uji Kompetensi bagi Pejabat Pelaksana. Kami merasa menjadi bagian dari upaya peningkatan kompetensi dan profesionalisme bagi para aparatur di Kementerian Agama.

Ia juga menyampaikan bahwa MAN 2 Kulon Progo berkomitmen untuk menyediakan lingkungan yang kondusif dan fasilitas yang memadai guna mendukung kelancaran pelaksanaan uji kompetensi ini. “Kami berharap agar acara ini menjadi momentum yang berharga bagi para peserta untuk menunjukkan kemampuan dan potensi terbaik mereka,” harapnya. (sug/dpj)

1 reply

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *