MI Ma’arif Kokap Sambut HAB ke-78 Kemenag, Bersihkan Tempat Ibadah

Kulon Progo (MIMAKO) – Dalam rangka menyongsong Hari Amal Bhakti ke-78 Kementerian Agama, MI Ma’arif Kokap melaksanakan program dengan membersihkan tempat ibadah. MI Ma’arif Kokap membersihkan Masjid Walibuko di Tejogan dan Masjid Tholabatu ‘Ilma Nafi’ah di Sambeng. Dua masjid ini menjadi target kerja bakti peserta didik MI Ma’arif Kokap. Program ini diikuti oleh kelas 4 sampai 6 dan didampingi beberapa guru pada Kamis (14/12/2023).

Kepala Madrasah, H. Rohadi, S.Ag., M.SI. menyampaikan bahwa Kementerian Agama di usia yang ke-78 ini mengambil tema Indonesia Hebat Bersama Umat. Tema yang sangat bagus untuk kebangkitan madrasah. Peserta didik MI Ma’arif Kokap harus memiliki dedikasi dan tanggung jawab dalam mengemban amanah sebagai pelajar. Terutama dalam kegiatan kerja bakti membersihkan masjid di sekitar madrasah ini. Ketika nanti sudah sampai di masjid langsung membersihkannya dengan baik dan tertib. Harus serius dan sampai dipastikan benar-benar bersih,” tuturnya.

“Program ini sebagai bentuk pengembangan diri dan melatih kemandirian peserta didik sejak dini agar memiliki rasa handarbeni terhadap masjid di sekitar madrasah. Peserta didik MI Ma’arif Kokap harus memuliakan masjid sebagai tempat syiar. Semoga kita mendapatkan maghfirah dan kemulian-kemulian dari Allah. Kemudian pembagian tugas untuk kelas 4 dan 5 kerja bakti di Masjid Tholabatu ‘Ilma Nafi’ah, Sambeng pendamping Adi Setiawan, S.Pd. dan Binti Rohani, S.Pd.I., M.Pd.. Selanjutnya kelas 6 kerja bakti di Masjid Walibuko, Tejogan pendamping Sumariyem, S.Pd.I. dan Rizky Anggita, S.Pd.,” tambahnya.

Guru Pendamping, Sumariyem, S.Pd.I. menuturkan bahwa kerja bakti harus dilaksanakan dengan senang dan semangat. “Peserta didik harus mencitrakan bahwa anak madrasah memang benar-benar memiliki kepribadian yang baik dan akhlakul karimah. Jadi dalam membersihkan masjid tidak boleh ada yang gojek, ramai maupun celotehan. Untuk mengawali kegiatan ini mari kita kompak, bersama kita bisa. MI Ma’arif Kokap……Yes I Can……..,” pesannya.

Salah satu siswa, Lubna Shofiyyah Azhar mengungkapkan cukup senang mengikuti kegiatan ini. “Sangat terkesan. Setelah semua bersih serta selesai kerja bakti, kami diberi mangga dan sawo untuk dimakan bersama teman-teman tadi. Sangat senang pokoknya,” ungkap Lubna. (adi/abi).

Tetap sehat dan semangat

#No Korupsi

2 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *