LDK MandaKu: Kakankemenag Sampaikan Materi Moderasi Beragama dan Bangga Jadi Siswa Madrasah  

Kulon Progo (MAN 2 KP) – Kepala Kantor Kementerian Agama Kulon Progo H. Muhamad Wahib Jamil,S.Ag.,M.Pd memberikan materi “Aku bangga menjadi siswa madrasah” dan moderasi agama setelah membuka Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) MAN 2 Kulon Progo 2024 di Aula Gedung Pusat Pembelajaran Terpadu Kampus Pusat MAN 2 Kulon Progo yang terletak di Jalan Pahlawan Panjatan-Wates pada Kamis, (01/02/2024) pagi. Salah satu hal yang disampaikan oleh Wahib Jamil kepada 88 peserta dalam kegiatan tersebut adalah moderasi beragama bukan hal yang absurd yang tak bisa diukur. Keberhasilan moderasi beragama dalam kehidupan masyarakat Indonesia dapat dilihat dari tingginya empat indikator utama yaitu komitmen kebangsaan, toleransi, anti kekerasan, dan ramah terhadap tradisi.

Wahib Jamil membawakan materi secara secara interaktif, memberikan kesempatan kepada para peserta untuk menyampaikan pendapat dan kritik, sehingga diskusi terlihat lebih hidup. Salah satu peserta yang menyampaikan pendapat memberikan kesimpulan bahwa satu kunci utama menciptakan masyarakat yang majemuk dan plural adalah moderasi dan toleransi. Menutup paparan materinya, Wahib Jamil menyampaikan doa dan harapannya, “Insyaallah, dari MAN 2 Kulon Progo akan muncul para pemimpin masa depan dalam segala bidang, yang amanah, dan berkarakter,” ujarnya.

Ketua Panila LDK MAN 2 Kulon Progo, Sutanti Riniastuti, S.Pd menyampaikan anak-anak sangat aktif mengikuti pemaparan materi yang disampaikan oleh Bapak Wahib Jamil. “Tadi anak-anak sangat menikmati penyampaian materi oleh Bapak Wahib Jamil, ada interaksi aktif sehingga anak-anak berani menyampaikan pendapat bahkan kritikan,” tuturnya. (sug/dpj)

4 replies
  1. Panzi
    Panzi says:

    Wah mantep
    Calon pemimpin dibentuk oleh pemimpin yg profesional, insyaallah menjadi pemimpin2 yg hebat d masa yg akan datang

    Balas

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *