Munaqosyah Tahfidzul Quran Kelas XII MAN 1 Kulon Progo

Kulon Progo (MAN 1 KP) –  Pada Senin, (1/4/2024) suasana Ramadhan masih melekat di lingkungan MAN 1 Kulon Progo. Pada hari tersebut adalah jadwal dilaksanakannya Munaqosyah Tahfidzul Quran bagi kelas XII. Munaqosyah tahfidzul Quran adalah pengukuran yang bertujuan menguji kemampuan siswa dalam menghafal ayat-ayat Al Quran.
Kegiatan digelar setiap tahun sekali di MAN 1 Kulon Progo. Peserta pada kegiatan tersebut adalah siswa kelas XII yang telah memiliki hafalan 1 juz atau lebih bisa mengikuti ujian bersertifikat tersebut. Meskipun demikian, siswa kelas X dan XI juga ikut terlibat menjadi penyimak hafalan yang dilantunkan, bersama guru MAN 1 Kulon Progo.

Kegiatan berakhir sebelum adzan Dhuhur berkumandang. Rangkaian kegiatan yang sudah tersusun untuk bulan Ramadhan terlaksana dengan khidmat, mulai dari tadarus Al Quran, pengumpulan zakat fitrah, hingga Munaqosyah Tahfidzul Quran.

Dihubungi di sela-sela kesibukannya, Kepala MAN 1 Kulon Progo, Drs. Wahdan Zani menyampaikan bahwa acara tersebut bisa menjadi motivasi bagi kelas X dan XI untuk meningkatkan hafalan di bulan Ramadhan, sekaligus menjadi pengokoh hafalan yang telah dihafalkan. “Ya semoga saja ini bisa menjadi penyemangat untuk kita semua dalam menghafal dan mengamalkan apa yang sudah tertulis di dalam kitab suci Al-Qur’an,” tuturnya. (mar/dpj)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *