Penyuluh KUA Galur dan Tim PKH Berikan Pendampingan Keluarga di Klotakan Kranggan

Kulon Progo (KUA Galur) – Penyuluh Agama Islam (PAI) KUA Galur, Isnaini Mar’ah Azizah, S.Fil.I , M.S.I dan Kartiwin, S.Pd.I, M.S.I bekerjasama dengan tim pendamping Program Keluarga Harapan (PKH) Kapanewon setempat Yunanti, melakukan pendampingan kepada kelompok keluarga penerima manfaat pada Kamis (18/04/2024) siang. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Masjid Al Ma’un Klotakan Kalurahan Kranggan.

Isnaini dalam paparannya menyampaikan tentang tugas dan fungsi serta peran penting KUA dalam kehidupan masyarakat, termasuk dalam memberikan layanan keagamaan dan bimbingan pernikahan. Sementara itu, Kartiwin menyampaikan mauidhoh hasanah tentang fadilah membaca Al Qur’an, mengingatkan para peserta untuk senantiasa meningkatkan amalan membaca Al Qur’an, terutama di bulan Syawal ini di mana semangat Ramadhan masih terasa.

 

Kepala KUA Galur, H. Afwan Zuhdi, S.Ag, M.A mengapresiasi kegiatan pendampingan ini dan melihatnya sebagai bentuk sinergi yang baik antara KUA dan PKH dalam membantu keluarga penerima manfaat. Ia juga menekankan pentingnya peran Penyuluh Agama dan Penghulu dalam mendukung program prioritas pemerintah, sesuai dengan Surat Edaran Menteri Agama Republik Indonesia Nomor SE.2 Tahun 2024.

“Penyuluh Agama dan Penghulu memiliki peran strategis dalam membantu pemerintah mencapai program prioritasnya, seperti pencegahan dan percepatan penurunan angka stunting, penanggulangan kemiskinan, pemberdayaan ekonomi dan pelestarian lingkungan hidup,” ujar Afwan Zuhdi.

Ia berharap kerjasama antara KUA dan PKH dapat terus ditingkatkan sehingga dapat memberikan manfaat yang lebih luas bagi masyarakat.

Kegiatan pendampingan ini dihadiri oleh 30 anggota keluarga penerima manfaat PKH. Mereka tampak antusias mengikuti kegiatan.

Tim Pendamping PKH Kapanewon Galur, Yunanti menyampaikan kesan positif atas kerjasama yang telah terlaksana antara KUA Galur dan Tim Pendamping PKH dalam mewujudkan Masyarakat Galur yang lebih baik.

“Saya berharap kerjasama ini dapat terus berlanjut sehingga dapat memberikan manfaat yang lebih luas bagi keluarga penerima manfaat PKH di Kapanewon Galur,” imbuhnya. (rny/dpj)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *