MandaKu Bagikan Laporan Capaian Pembelajaran (Raport) Siswa Program SKS Percepatan

Kulon Progo (MAN 2 KP) – MAN 2 Kulon Progo membagian Laporan Capaian Pembelajaran Semester 2 untuk para siswa yang dinyatakan telah menyelesaikan materi pelajaran semester 2. Pembagian Laporan Capaian Pembelajaran dilaksanakan di Theater Room Gedung Pusat Pembelajaran Terpadu Unit 2 atau lebih sering disebut Kampus Pusat MAN 2 Kulon Progo di Jalan Pahlawan Panjatan-Wates Kulon Progo pada Senin, 6 Mei 2024.

Laporan Capaian Pembelajaran diserahkan oleh Pembimbing Akademik (PA) kepada 18 orang tua atau wali peserta didik. Penyerahan Laporan Capaian Pembelajaran tersebut juga dihadiri Kepala MAN 2 Kulon Progo, Wakil Kepala bidang Kurikulum, Penasehat Akademik, dan Koordinator Penyelenggaraan SKS.

Saat menyampaikan sambutan, Kepala MAN 2 Kulon Progo, Hartiningsih, M.Pd, menyampaikan ucapan selamat datang dan terima kasih atas kehadiran para orang tua atau wali peserta didik memenuhi undangan dari Madrasah. Ia juga mengucapkan ucapan selamat Idul Fitri dan menyampaikan permohonan maaf bila Madrasah dalam memberikan pelayanan kepada para peserta didik masih banyak kekurangan.

Hartiningsih mengungkapkan bahwa MAN 2 Kulon Progo ditunjuk sebagai madrasah penyelenggara program Satuan Kredit Semester (SKS) sekaligus sebagai pilot projek pelaksana Kurikulum Merdeka. Sejak Tahun Ajaran 2022/2023 MAN 2 Kulon Progo telah bersungguh-sungguh menjalankan amanah yang didasarkan pada Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor 2852 Tahun 2019 tetang Petunjuk Teknis Penyelenggaraan SKS Madrasah Aliyah tersebut.

Hartiningsih menegaskan bahwa SKS bukan sistem kebut semalam, tetapi SKS identik dengan percepatan proses belajar dengan tidak mengurangi waktu atau lamanya seorang siswa belajar. “Sekali lagi, SKS bukan mempersingkat waktu belajar, dari tiga tahun menjadi dua tahun,” tegasnya.

Ia menyampaikan bahwa apabila seorang peserta didik mampu menyelesaikan materi mata palajaran tertentu dalam waktu sebulan, maka ia mempunyai senggang waktu untuk memperdalam pelajaran lain sesuai denga potensi yang bersangkutan. “Waktu belajarnya setiap semesternya enam bulan, tetapi bila peserta didik mampu menyelesaikan waktunya dalam empat bulan, maka ia diperkenankan untuk mengambil materi pelaran semester berikutnya. Kesimpulannya selama 10 bulan ini, putra-putri Bapak Ibu sudah menyelesaikan 2 semester,” terangnya.

Hartiningsih menyatakan bahwa program SKS ini adalah salah satu bentuk layanan prima yang diberikan kepada peserta didik yang memiliki potensi-potensi berlebih para peserta didik. Madrasah memiliki guru yang mempunyai semangat dan motivasi tinggi. Madrasah juga sudah menyiapkan sarana dan prasarana untuk mendukung para peserta didik istimewa ini.

Hartiningsih menyampaikan terima kasih kepada para orang tua dan wali peserta didik atas dukungan yang diberikan kepada putra-putri mereka. “Putra-putri Bapak dan Ibu semua adalah para peserta didik yang tangguh, pantang menyerah. Ini terbukti mereka tidak hanya tekun dalam belajar, tetapi juga bisa mengimbangi teman yang lain di berbagai bidang. Ini semua pasti karena dukungan Bapak Ibu semua,” terangnya.

Wakil Kepala Bidang Kesiswaan Panca Kurnia Dewi, M.Si, menyampaikan bahwa Pembagian Laporan Capaian Pembelaran atau raport kali ini untuk para peserta didik yang mampu menyelesaikan materi pelajaran lebih cepat. “Mereka mampu mneyelesaikan semester 2 hanya dalam 4 bulan. Jadi hari ini pembagian Laporan Capaian Pembelajaran semester 2. Hari ini, Senin, 6 Mei 2024 mereka sudah memasuki semester 2,” ungkapnya.

Koordinator penyelenggara SKS, Sukir, M.Si., M.Pd.Kim, menyampaikan waktu pelaksanaan semester 2, sampai semester 6. Bila para peserta didik lancar dalam mengikuti pembelajaran, para peserta didik akan mengikuti asesmen madrasah dan lulus bersamaan dengan siswa kelas XI sekarang. Acara ditutup dengan pembagian Laporan Capaian Pembelajaran oleh Penasehat Akademik atau Wali Kelas, Farida Ari Kusuma, S.Pd.Si. (sug/ast/dpj)

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *