KUA Lendah Kembali Laksanakan Progam Jebol Pagar Lawanku

Kulon Progo (KUA Lendah) – Kantor Urusan Agama Kapanewon Lendah menyelenggarakan ikrar wakaf yang merupakan inisiasi Program Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kulon Progo, Jebol Pagar Lawanku yang merupakan akronim “Jemput Bola Pandu dan Garap Layanan Wakaf Kulon Progo”. Kepala KUA sekaligus bertindak sebagai Pejabat Pembuat Akta Ikrar Wakaf (PPAIW) Basit Rustami, S.Ag menerima langsung permohonan akta ikrar wakaf oleh wakif dan nadzir, serta dua orang saksi di kantor KUA Kapanewon Lendah, Jum’at (03/05/2024).

Pada kesempatan ini, Wakif atas nama Risyanta mewakafkan sebidang tanahnya seluas 849 m² yang diperuntukan untuk tempat Pendidikan Taman Kanak-Kanak di wilayah Kalurahan Jatirejo, Kapanewon Lendah, dan diterima oleh Drs. Sardi, bertindak sebagai Nadzir Badan Hukum Persarikatan Muhammadiyah, dan disaksikan oleh dua orang saksi, masing-masing Drs. Sukirna dan Drs. Damiri. Nadzir menyatakan siap untuk mengelola tanah wakaf tersebut dengan sebaik-baiknya.

Setelah selesai prosesi ikrar wakaf, Kepala KUA Lendah berpesan “bahwa kebahagiaan akhirat, merupakan tujuan yang ingin dicapai oleh masyarakat yang hendak mewakafkan harta bendanya. Oleh karena itu, tanggungjawab sepenuhnya diserahkan kepada nadzir untuk mengelola atas harta benda yang diwakafkan oleh wakif. Saksi juga memiliki tanggungjawab yang besar, bagaimana melakukan pengawasan terhadap harta benda yang telah diwakafkan, ternasuk kemakmuran dan pengawasan terhadap pemanfaatan harta benda wakaf yang telah diamanahkan, sesuai dengan tujuan dan peruntukannya.” Tutur Basid Rustami, S.Ag.

Lebih lanjut ia menjelaskan selama kurun waktu Desember 2023 sampai awal bulan Mei 2024, KUA Kapanewon Lendah tercatat memproses Elektronik Akta Ikrar Wakaf sebanyak 11 permohonan, dengan total luas tanah wakaf 13.195 m², tersebar di tiga wilayah, yaitu Kalurahan Bumirejo, Kalurahan Jatirejo, dan Kalurahan Gulurejo. Semua permohonan E-AIW tersebut nadzir memprosesnya sampai terbit sertipikat tanah wakaf.

Dalam kesempatan proses akta ikrar wakaf dihadiri oleh Penyelenggara Zakat Wakaf Kankemenag Kabupaten Kulon Progo, Haris Widiyanto, S.H. dan Tim Jebol Pagar Lawanku, turut mendampingi KUA Kapanewon Lendah dalam memberikan layanan dan bimbingan zakat dan wakaf. (muf/dpj).

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *