Pengajian IPHI Nanggulan: Jama’ah Haji 2024 Dapatkan Tiga Kemudahan Baru

Kulon Progo (KUA Nanggulan) – Pemerintah Indonesia bersama Arab Saudi menyepakati sejumlah fasilitas dan kemudahan layanan penyelenggaraan ibadah haji tahun 2024.

Hal itu diutarakan oleh H. Jazari,S.Ag. dalam acara pengajian rutin Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Kapanewon Nanggulan sekaligus pamitan bagi 10 jemaah haji tahun 2024 pada Jum’at (17/05/2024) di Pendopo setempat.

“Ada tiga kemudahan yang akan dinikmati oleh jemaah haji Indonesia tahun 2024. Pertama, layanan fast track di bandara yang sangat memudahkan para jemaah saat memasuki Arab Saudi,” ujar H. Jazari. Layanan ini berupa fasilitas preclearance atau pemeriksaan dokumen jemaah haji oleh Keimigrasian Pemerintah Arab Saudi di Indonesia.

Awalnya, layanan fast track hanya tersedia di Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng. “Mulai tahun ini, layanan fast track juga diberlakukan di Bandara Juanda, Surabaya, dan Bandara Adi Soemarmo, Surakarta,” tambahnya.

Kedua, peningkatan layanan makanan menjadi tiga kali sehari, dari sebelumnya dua kali per hari. “Jemaah haji kini mendapatkan tambahan paket pelengkap makanan yang akan memenuhi kebutuhan nutrisi mereka selama di tanah suci,” jelas H. Jazari.

Ketiga, perubahan lokasi maktab (tempat penginapan jama’ah di Mina). Sebanyak 27.000 jama’ah yang selama ini ditempatkan di wilayah Mina Jadid, kini dipindahkan ke wilayah Muaishim yang lebih dekat ke Jamarat. “Jaraknya hanya 4-5 km, dibandingkan sebelumnya yang berada di Muzdalifah dengan jarak sekitar 7 km,” kata H. Jazari.

Kepala KUA Nanggulan, Jemino,SHI., menambahkan, “Kami berharap para jama’ah dapat menjalankan ibadah haji dengan khusyuk dan kembali ke tanah air dengan selamat.” Beliau juga mengapresiasi semangat dan persiapan para jama’ah dalam menghadapi perjalanan suci ini. (rif/dpj)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *