MAN 3 Kulon Progo Gelar Simulasi Tanggap Bencana Gempa Bumi

Kulon Progo (MAN3KP) – MAN 3 Kulon Progo kembali melakukan kegiatan simulasi penanggulangan  bencana gempa bumi. Simulasi ini dilaksanakan secara serentak dalam rangka peringatan Hari Kesiapsiagaan Bencana (HKB) 2024. Kegiatan tersebut berlangsung pada hari Jum’at (26/4/2024) pagi dan diikuti oleh seluruh siswa, guru dan pegawai di lingkungan madrasah setempat.

MAN 3 Kulon Progo sebagai salah satu madrasah yang ditunjuk sebagai Satuan Pendidikan Aman Bencana (SPAB) tentunya memiliki peran penting dalam menyosialisasikan upaya tanggap darurat terjadinya bencana. Tujuan dari simulasi ini adalah sebagai upaya melatih kesiapsiagaan civitas akademika MAN 3 Kulon Progo tentang bagaimana mengambil sikap dan tindakan apabila terjadi bencana, khususnya bencana gempa bumi.

 

Ketua Tim SPAB MAN 3 Kulon Progo, Nur Ridho, S.Pd. menyampaikan “Kita sebagai salah satu madrasah SPAB memiliki tanggung jawab untuk memfasilitasi simulasi tanggap darurat bencana yang tentunya melibatkan semua unsur baik siswa, guru maupun pegawai”, jelasnya.

Ia menambahkan dalam briefing yang dilakukan sebelum kegiatan simulasi dilakukan, pihaknya menjelaskan bagaimana tindakan yang harus dilakukan oleh setiap siswa dan guru saat terjadinya bencana.

Melalui simulasi ini diharapkan para peserta mampu mengantisipasi adanya  korban jiwa apabila suatu saat terjadi bencana. Civitas akademika MAN 3 Kulon Progo lebih memahami tentang apa yang harus dan tidak boleh dilakukan saat terjadinya bencana.

Selesai melakukan kegiatan para siswa, guru dan pegawai berkumpul di titik evakuasi yaitu halaman sekolah untuk dilakukan refleksi lebih lanjut. (fif/dpj)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *