Antusiasme Jamaah Wates dan Pengasih, Ikuti Manasik Haji Tingkat Kapanewon

Kulon Progo (KUA Wates) – Sebanyak 87  Jamaah Haji dari Kapanewon Wates dan Pengasih mengikuti kegiatan Manasik Haji Gabungan yang berlangsung di Gedung IPHI Pengasih pada Rabu (13/03/2024). Kegiatan ini dibuka oleh Kepala KUA Wates, Marjuki, S.H.I., M.S.I.

Dalam sambutannya Marjuki menyampaikan bahwa manasik haji merupakan kegiatan penting yang wajib diikuti oleh Calon Jamaah Haji. “Manasik haji ini penting untuk memberikan pembekalan kepada Jamaah Haji tentang tata cara pelaksanaan ibadah haji yang  benar dan sesuai dengan syariat,” ujarnya.

Marjuki juga berpesan kepada Calon Jamaah Haji agar memanfaatkan kegiatan manasik haji ini dengan sebaik-baiknya. “Ikutilah materi dengan seksama dan tanyakan kepada narasumber jika ada yang kurang jelas,” pesannya.

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pembekalan dan pemahaman kepada Calon Jamaah Haji tentang tata cara pelaksanaan ibadah haji yang benar dan sesuai dengan tuntunan syariat Islam. Diharapkan dengan mengikuti manasik haji, CJH dapat memahami dan melaksanakan ibadah haji dengan baik dan lancar.

Pada hari pertama, materi disampaikan oleh H. Saeful Hadi, S.Ag., M.Pd.I, Kepala Bagian Tata Usaha Kantor Kementerian Agama Kulon Progo, tentang Bimbingan Manasik Haji. Materi kedua disampaikan oleh K.H. Nuyamin tentang Bimbingan Manasik Umroh dan Praktek Senam Haji.

Sedangkan hari kedua Kamis (14/03/24) H. Afwan Zuhdi menyampaikan materi tentang Praktek Manasik Haji dan Kemudahan Bagi Lansia, dan H. Mustafid Enukhad menyampaikan tentang Praktek Manasik Umroh dan Kemudahan Bagi Lansia. Hari ketiga Jumat (15/03/24) materi disampaikan oleh H. Muhammad Jazari, S.Ag dan H.  Nurcholis, SE., terkait Thawaf, Sa’I, Tahalul, Dzikir dan Do’a.

Salah satu Calon Jamaah Haji Noer Faidah Maharini, mengaku senang mengikuti kegiatan manasik haji ini. “Kegiatan manasik yang dilaksanakan sangat bermanfaat bagi kami sebagai calon jamaah haji, materi yang diberikan sangat sesuai, narasumbernya juga kompeten, terima kash atas penyelenggaraan manasik haji gabungan Kapanewon Wates dan Pengasih,” ujarnya.

Noerfaidah berharap dengan mengikuti manasik haji, para jamaah dapat melaksanakan ibadah haji dengan baik dan lancar. “Semoga dengan mengikuti manasik haji ini, saya bisa melaksanakan ibadah haji dengan meraih predikat mabrur,” harapnya.

Kegiatan Manasik Haji Gabungan ini merupakan kerjasama antara KUA Kapanewon Wates dan KUA Kapanewon Pengasih. Kegiatan ini akan berlangsung selama enam kali pertemuan di tingkat kapanewon.(lua/dpj)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *